Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol – Sombolnya

Tahukah Anda apa itu flowchart? Flowchart ini biasanya hadir di dunia teknologi, dan mungkin saja Anda masih bingung pada saat pertama kalinya mendengar kata flowchart tersebut. Dalam bahasa Indonesia, Pengertian flowchart ini lebih sering disebut dengan diagram alir yang digunakan di industri manufakturing untuk gambarkan proses – proses operasionalnya, sehingga jadi lebih mudah untuk dipahami.

Namun demikian, untuk mengetahui informasi lebih detailnya tentang pengertian flowchart beserta fungsi dan simbol – simbolnya, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Flowchart

Pengertian flowchart
creately.com

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang mengidentifikasikan urutan serta hubungan antar proses beserta perintah yang sedang dijalankan. Flowchart dalam hal ini juga diartikan sebagai algoritma dari urutan program yang diibaratkan dalam bentuk simbol. Pastinya simbol – simbol tersebut memiliki makna tersendiri terhadap proses tertentu.

Jadi, bisa dibilang bahwa flowchart tersebut adalah langkah awal dalam proses pembuatan program, yang mana nanti akan diterjemahkan oleh programmer untuk kemudian dijadikan sebagai kode – kode program yang pada akhirnya membentuk suatu sistem yang bisa membantu mengatasi masalah.

Fungsi Flowchart yang Harus Diketahui

Fungsi Flowchart
forum.teropong.id
  • Untuk memastikan program memiliki alurnya masing – masing. Ya, flowchart ini nanti akan membantu seorang programmer dalam melihat alur atau pun pola ketika akan membuild program maupun aplikasi. Hal tersebut dilakukan untuk cegah terjadinya multifungsi dari program komputer yang sedang dibuat serta bisa bekerja secara optimal.
  • Melihat secara keseluruhan program. Fungsi lain dari flowchart yang harus Anda tahu adalah untuk membantu Anda dalam melihat keseluruhan rangkaian program secara universal. Dengan demikian maka Anda pastinya akan lebih mudah lagi melihat rancangan suatu program bagi siapa pun.
  • Melihat proses program ketika dijalankan. Masih ada kaitannya dengan fungsi flowchart yang sebelumnya, flowchart ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat proses – proses yang terjadi ketika program dijalankan. Ini berarti bahwasannya Anda bisa melihat penjelasan dari tiap proses tersebut. Sebagai contohnya, pada saat Anda membuat aplikasi neraca keuangan yang mana di dalamnya ada input penjualan. Jadi, dengan menggunakan flowchart maka Anda akan dapat melihat bagaimana input penjualan yang didapatkan, lengkap dengan darimana data tersebut didapat.
  • Menjadi pedoman dalam menyusun atau membangun aplikasi. Sebetulnya fungsi dari flowchart yang terakhir ini hampir mirip dengan fungsi flowchart pada umumnya, yang mana program flowchart tersebut juga bisa digunakan untuk Anda yang penasaran dengan alur atau proses sebuah program.

Baca ini : Kami Jual Bubuk Kunyit Asli Kualitas Terbaik | Siap Kirim Seluruh Indonesia

Simbol – Simbol Flowchart yang Perlu Anda Tahu

Perlu Anda tahu nih, bahwa dalam merancang flowchart tak ada ketentuan secara mutlak harus dipenuhi. Alasannya adalah karena flowchart sendiri dibuat berdasarkan pemikiran untuk analisa suatu masalah dalam sebuah bisnis. Hanya saja, Anda di sini bisa merancang flowchart pada saat Anda sudah tahu simbol – simbol standar yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan flowchart.

Di bawah ini akan kami jelaskan secara lebih terperinci mengenai simbol – simbol flowchart yang dibagi dalam 3 kategori, diantaranya sebagai berikut.

Simbol arus atau Flow Direstion Symbols

Simbol yang pertama ini biasanya digunakan sebagai simbol penghubung.

Simbol Arus atau Flow Direction Symbols

Simbol proses atau Processing Symbols

Sesuai dengan namanya, simbol flowchart tersebut merupakan simbol yang digunakan untuk menyatakan simbol – simbol yang ada kaitannya dengan serangkaian proses yang dilakukan.

Simbol proses atau Processing Symbols

Simbol I/O atau Input – Output

Lalu untuk simbol yang terakhir ini termasuk ke dalam bagian – bagian input – output yang ada kaitannya dengan masukan dan keluaran.

Simbol I/O atau Input – Output

Demikianlah info lengkap pengertian flowchart beserta fungsi dan simbol – simbolnya. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar